Jasa Pasang Penangkal Petir, Konvensional & Radius == SEGERA HUBUNGI KAMI Phone 021 - 631 2000, 862 5259 Mobile / WA 087886949021== MELAYANI Se Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi

Cara Memasang Penangkal Petir Yang Benar

 

Cara memasang penangkal petir yang benar harus diketahui terutama oleh teknisi penangkal petir. Walaupun sebenarnya andapun sebaiknya juga mengetahuinya cara pasang penangkal petir jika anda termasuk yang berkepentingan dengan anti petir. Walaupun sebenarnya, Anda dapat menyerahkan cara pemasangan penangkal petir ini pada jasa profesional pemasangan penangkal petir bersertifikat yang akan menjamin cara kerja penangkal petir secara tepat. Tetapi, dengan anda mengetahui cara memasang penangkal petir yang benar, anda dapat ikut mengawasi jika ada hal-hal yang tidak tepat dan menyelamatkan aset-aset anda

Bagian-Bagian Penangkal Petir

Sebelum tahu cara memasang penangkal petir yang benar, Anda harus tahu bagian-bagian dari sistem penangkal petir terlebih dahulu. Ada 3 bagian utama dari sistem penangkal petir ini, yaitu:

  1. Grounding sistem sebagai penyalur arus petir ke dalam tanah
  2. Kabel penyalur
  3. Ujung penangkal petir

Pembuatan penangkal petir instalasi Grounding

Langkah pertama dalam cara memasang penangkal petir yang benar adalah membangun grounding system. Hal ini perlu dilakukan pertama karena berhubungan dengan faktor keamanan dan kemudahan dalam membuat sistem penangkal petir. Untuk membangun grounding yang baik anda membutuhkan alat earth testemeter yang digunakan untuk melihat berapa besar nilai tahanan tanahnya. Pilihlah tempat pembumian yang memungkinkan mengambil jarak terdekat dengan pemasangan penangkal petir di atas bangunan, jika memungkinkan. Beberapa tanah yang memiliki kandungan garam tinggi, atau kandungan air tinggi dan atau kandungan keasaman tinggi biasanya nilai tahanannya cenderung lebih rendah. Jika nilai tahanan tanahnya rendah maka kebutuhan terhadap batang Rod tembaga juga makin sedikit.

Setelah Anda menemukan lokasi tempat pembumian yang baik, tahap selanjutnya pada cara memasang penangkal petir yang benar ini adalah membuat instalasi penangkal petir bagian groundingnya. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah material grounding dari bahan Tembaga, Galvanise atau Stainless. Material tersebut ditancapkan ke dalam tanah pada lokasi penangkal petir instalasi grounding yang sudah dipilih. Selanjutnya ukur pula resistansi tanah dan hasilnya harus lebih kecil dari 5 Ohm. Bahkan jasa pemasangan penangkal petir professional seperti ANEKA ANTENA PETIR terbiasa dengan etos kerja berstandar tinggi, dan membuat instalasi grounding hanya memiliki tahanan di bawah 2 ohm saja. Jika standar yang diinginkan belum tercapai, anda harus menambahkan batang konduktor yang ditanam di dalam tanah secara parallel dan mengukur kembali nilai tahanan tanahnya hingga nilai yang diinginkan. Anda mungkin perlu melakukan pengeboran untuk menanam konduktor dari grounding system ini. Bahkan, Anda perlu mengebor hingga kedalaman 6 meter untuk membuat grounding yang baik hingga nilai standar pada cara memasang penangkal petir yang benar tercapai.

Kabel Down Conductor

Berikutnya adalah cara memasang penangkal petir yang benar untuk bagian pemasangan kabel konduktor. Anda dapat menggunakan kabel coaxial atau kabel BC (Bare Cooper)Langkah pertama adalah mendesain jalur dari kabel. Anda dapat memulainya dari grounding hingga ke ujung penangkal petir. Pastikan, dalam jalur kabel, tidak ada atau hanya sedikit jalur yang membentuk sudut dan usahakan kurang dari 90 derajat. Hal ini untuk menghindari terjadinya Side Flashing atau lompatan muatan listrik pada bangunan dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada bangunan.

Selain cara memasang penangkal petir yang benar juga pemilihan perangkat penangkal petir maupun kabelnya juga harus tepat sehingga cara kerja alat penangkal petir dapat maksimal. Gunakan kabel dengan ukuran minimal 50 mm dan sudah mendapatkan SNI.

Ujung Penangkal Petir (head terminal atau spitzen)

Cara memasang penangkal petir yang benar selanjutnya adalah pemasangan ujung penangkal petir. Pilih posisi yang paling tinggi pada bangunan untuk hasil yang paling baik. Pada instalasi penangkal petir konvensional, teknisi sebaiknya dapat memperkirakan dimana letak sambaran petir untuk menentukan posisi spitzen yang berbentuk seperti tombak itu. Setelah itu, sambungkan dengan kabel penghantar. Pastikan, sambungan dengan kabel ini kuat dan dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Banyak masalah terjadi karena penyambungan antara kabel dan ujung penangkal yang tidak sesuai dengan cara memasang penangkal petir yang benar. Hal ini dapat merusak penangkal petir itu sendiri, serta membahayakan bangunan atau rumah yang dipasang penangkal petir ini.

Related Articles:

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Powered by WordPress | Designed by: diet | Thanks to lasik, online colleges and seo