Jasa Pasang Penangkal Petir, Konvensional & Radius == SEGERA HUBUNGI KAMI Phone 021 - 631 2000, 862 5259 Mobile / WA 087886949021== MELAYANI Se Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi

Jenis Kabel Penangkal Petir

Kabel Penangkal Petir

Selain Terminal Head, kabel merupakan komponen utama dari instalasi penangkal petir yang memiliki fungsi sebagai media penghantar arus petir yang menyambar air terminal penangkal petir yang berada di atas menuju sistem grounding yang telah tersedia. Sehingga arus petir dapat mengalir dan cepat ternetralkan oleh tanah yang sebagaimana diketahui sebagai media netral alam.

Berbagai macam kabel penghantar penangkal petir pada umumya, yaitu:

1. KABEL BC (bare core)

Karakteristik kabel BC ialah tidak memiliki isolator alias telanjang. Jadi jenis kabel ini hanya terdiri dari inti kabel saja yang disebut bare core. Kabel BC sering digunakan pada penghantar penurunan (down conductor) instalasi penangkal petir jenis runcing / konvensional atau lebih sering digunakan dalam ground system (pembumian). Hal ini dikarenakan menggunakan kabel BC dengan penampang 50 mm lebih ekonomis dan juga telah memenuhi standarisasi minimum dari penghantar penurunan instalasi penangkal petir. Hanya saja seperti diketahui bahwa kabel BC tidak memiliki isolator pelindung, sehingga dikhawatirkan terjadi induksi sambaran petir dan loncatan arus pada material konduktor. Jadi agar aman, maka kabel BC sebaiknya dibungkus dengan pipa paralon (PVC).

 

2. KABEL NYY

Kabel NYYKarakteristik kabel NYY ialah memiliki dua buah isolator (hal ini bisa dilihat dari kode YY yang ada pada kabel). Isolator pada kabel berfungsi melindungi dari induksi dan loncatan arus antara inti kabel dengan material lain dengan sifat konduktor penangkal petir (penghantar). Dengan adanya dua buah isolator maka induksi dan loncatan dapat diredam dengan sangat kecil hingga nyaris tidak terjadi. Untuk ukuran yang sering dipergunakan dalam suatu sistem pemasangan instalasi penangkal petir yaitu ukuran penampang 25 mm2, 35 mm2, 50 mm2 hingga 120 mm2. Umumnya ukuran kabel NYY yang sering digunakan dalam instalasi penangkal petir adalah ukuran luas penampang 25 mm2 sampai 70 mm2. Sebagaimana diketahui standarisasi untuk ukuran penampang kabel penghantar penurunan (down conductor) adalah minimal 50 mm2, sehingga untuk pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga memperhatikan faktor biaya.

Bedakan antara luas penampang dan diameter. Misalnya untuk kabel dengan luas penampang 70 mm2, berarti diameternya sekitar 9,5 mm. Sedangkan luas penampang 50mm2, diameternya sekitar 8 mm. Sedangkan kabel dengan luas penampang 35 mm2, diameternya sekitar 6,6mm.

 

3. KABEL NYA

NYA CableKarakteristik kabel NYA ialah memiliki satu buah isolator (hal ini bisa dilihat dari kode YA yang ada pada kabel). Isolator pada kabel berfungsi melindungi dari induksi dan loncatan arus antara inti kabel dengan material lain dengan sifat konduktor (penghantar). Dengan adanya isolator, maka induksi dan loncatan dapat diredam dengan sangat kecil hingga nyaris tidak terjadi. Untuk ukuran yang sering dipergunakan dalam suatu sistem pemasangan instalasi penangkal petir yaitu ukuran penampang 25 mm, 35 mm, 50 mm hingga 120 mm.

 

 

4. KABEL COAXIAL

Karakteristik kabel coaxial ialah memiliki banyak isolator, konduktor inti kabel coaxial terdapat dua buah yang masing-masing memiliki luas penampang 35 mm. Karakter kabel coaxial sama seperti kabel NYFGbY, yang dimana terdapat suatu rangkaian isolator yang terdiri dari banyak material yang menjadi satu kesatuan. Isolator pada kabel berfungsi melindungi dari induksi dan loncatan arus antara inti kabel dengan material lain dengan sifat konduktor (penghantar). Untuk ukuran kabel coaxial pada umumnya 2 x 35 mm. Kabel ini termasuk jenis kabel penghantar penurunan dengan spesifikasi yang tinggi, serta kualitasnya terbaik diantara jenis kabel penghantar penangkal petir lainnya.

Jadi secara umum kabel yang dibutuhkan dalam instalasi penangkal petir adalah kabel yang memiliki luas penghantar 25-50 mm. Standarnya minimal 50 mm. Bila lebih besar penampangnya, maka kemampuan penghantarnya akan lebih baik (Misal 70 mm atau 80mm).

Sedangkan jenis kabel penangkal petir tergantung dari keadaan jalur instalasi yang dilewati, ada 3 (tiga) macam jalur kabel, yaitu:

 

OUT DOOR INSTALASI KABEL

Bila instalasi kabel penghantar diletakkan di luar bangunan dan jauh dari instalasi lain (listrik, data) ataupun jauh dari jangkauan penghuni, maka kabel penangkal petir bisa menggunakan BCC minimal 25-50 mm (bare copper conductor) atau BAC (bare alumunium conductor) atau istilah pasarnya Kabel Telanjang  sudah cukup bisa digunakan. Pertimbangan menggunakan kabel penangkal petir jenis ini adalah murah. Kekurangannya yakni dari segi estetika akan kurang sekali walau bisa di siasati dengan menyelubungi dengan pipa paralon / PVC Conduit.

 

IN / OUT DOOR INSTALASI KABEL

Sedangkan bila kabel penghantar diletakkan di sisi dalam bangunan dan dihindarkan dari instalasi lain (listrik, data) ataupun jauh dari jangkauan aktifitas penghuni minimal 2 mtr, maka kabel penangkal petir bisa menggunakan NYY (double Isotated) dengan pertimbangan kabel ini sudah berisolasi dan cukup mampu menahan induksi petir ( side flashing ) walaupun sifat anti side flashingnya minimal.

Penggunaan Conduit Cable PVC di posisi yang dekat aktifitas juga sangat disarankan sebagai bentuk tambahan estetika dan keamanan.

 

INDOOR HIGH  INSTALASI KABEL

Dan bila jalur instalasi tidak bisa dihindarkan dari instalasi lain ( listrik, data, kontrol dll) atau kata lain harus berdekatan dan berjajar bersebelahan, maka kabel penangkal petir jenis HVSC (High Voltage Single Core) yang harus digunakan, karena hanya kabel inilah  yang mampu menahan tegangan yang besar kemungkinan akan menembus isolasi / induksi arus petir, atau istilahnya adalah anti side flashing. Misal kabel penghantar dipasang bersamaan di kabel trey power.

Dari beberapa kabel penangkal petir diatas, untuk down conductor instalasi penangkal petir biasanya banyak yang menggunakan kabel NYY antara 25-50mm, atau kabel BC 35mm (full) diselubungi dengan paralon. Sedangkan untuk grounding system penangkal petir (pembumian), banyak yang menggunakan kabel BC antara 35-50mm.

 790 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Incoming search terms for the article:

,jenis kabel penangkal petir,kabel penangkal petir,Jenis dan nama penangkal petir modern,jenis kabel anti petir,jenis kabel grounding,kabel penang,nama kabel penangkal petir,Ukuran jenis penampang BC,ukuran kabel bc untuk penangkal petir

Related Articles:

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Powered by WordPress | Designed by: diet | Thanks to lasik, online colleges and seo