Jasa Pasang Penangkal Petir, Konvensional & Radius == SEGERA HUBUNGI KAMI Phone 021 - 631 2000, 862 5259 Mobile / WA 087886949021== MELAYANI Se Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi

Category Archives: Paket Penangkal Petir

Penangkal Petir Elektrostatis / Radius

Penangkal petir elektrostatis merupakan penangkal petir modern dengan menggunakan sistem E.S.E ( Early Streamer Emision ), yang bekerja secara aktif dengan cara melepaskan ion dalam jumlah besar ke lapisan udara sebelum terjadi sambaran petir. Pelepasan ion ke lapisan udara secara otomatis akan membuat sebuah  jalan untuk menuntun petir agar selalu memilih ujung terminal penangkal petir elektrostatis ini dari pada area sekitarnya. Dengan sistem E.S.E ini akan meningkatkan area perlindungan yang lebih luas dari pada sistem penangkal petir konvensional.
Untuk penangkal petir elektrostatis jenis ini akan memiliki radius perlindungan yang lebih besar dan berbentuk seperti Payung, kemampuan radius ini di hasilkan dari penyerapan energi yang disebabkan oleh awan hujan oleh unit ini. Kedua jenis penangkal petir tersebut bisa di pasang dan diaplikasikan dimana saja, tergantung dari kebutuhan dari sebuah bangunan dan tergantung keefektifannya.
Untuk bangunan dengan area yang tidak begitu luas/sempit (rumah tinggal) pemasangan penangkal petir konvensional sistem Faraday atau franklin cone (jalur tunggal) sudah memadai tetapi untuk bangunan yang mempunyai area yang cukup luas misalnya seperti gedung pada kawasan industri, daerah perkebunan, padang Golf. pemasangan jenis Elektrostatis  system sangatlah ideal dan cocok untuk bangunan seperti ini.
Prinsip kerja penangkal petir elektrostatis mengadopsi sebagian system penangkal petir Radioaktif, yakni menambah muatan pada ujung finial / splitzen agar petir selalu memilih ujung ini untuk disambar. Perbedaan dari sistem Radioaktif dan Elektrostatis ada pada energi yang dipakai. Untuk penangkal petir Radioaktif muatan listrik dihasilkan dari proses hamburan zat beradiasi sedangkan pada penangkal petir Elektrostatis energi listrik dihasilkan dari Listrik Awan yang menginduksi permukaan bumi.
1.      Tidak banyak membutuhkan komponen maupun kabel
2.      Area perlindungan lebih luas antara 50-150 m
3.      Lebih murah untuk area perlindungan yang luas
4.      Pada umumnya hanya membutuhkan 1 arde.
5.      Hanya membutuhkan 1 air terminal untuk radius tertentu.
6.      Perawatan dan pemasangan pada bangunan yang mudah.Merupakan pilihan yang tepat dan tidak mengganggu estetika bangunan anda.
7.      Bertindak sebagai pencegah interferensi perangkat komunikasi anda.
8.   Lebih aman bagi pekerja yang akan melakukan perawatan.
Jenis Bangunan yang perlu diberi perlindungan penangkal petir :
1. Bangunan tinggi seperti rumah bertingkat, gedung bertingkat, menara dan cerobong pabrik.
2. Bangunan penyimpanan bahan mudah meledak atau terbakar, misalnya pabrik amunisi, gudang bahan kimia.
3. Bangunan untuk kepentingan umum seperti gedung sekolah, stasiun, bandara dan sebagainya.
4. Bangunan yang mempunyai fungsi khusus dan nilai estetika misalnya museum, gedung arsip negara.
 
Besarnya kebutuhan suatu bangunan akan suatu instalasi proteksi petir ditentukan oleh besarnya kemungkinan kerusakan serta bahaya yang terjadi jika bangunan tersebut tersambar petir. Berdasarkan Peraturan umum Instalasi penangkal petir besarnya kebutuhan bangunan tersebut akan system proteksi petir.

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Air Terminal ( Head ) Penangkal Petir Modern

Air terminal atau head penangkal petir adalah bagian penangkal petir yang berhubungan langsung dengan sambaran petir. Terdiri dari 2 jenis, yaitu konvensional dan modern. Pada artikel ini kita bahas hanya penangkal petir modern saja karena lebih aman dibanding konvensional.

PENANGKAL PETIR MODERN

Beberapa merek penangkal petir modern dari pabrikan lokal antara lain : KURN, VIKING, THOMAS, GENT, UFO, NEOFLASH. 

Di sini kita bahas salah satu merek saja, yaitu KURN, karena cukup banyak yang menggunakan dan harganya lebih murah dibanding yang lain. Tapi perlu diwaspadai terhadap produk bajakan!

KURN R85 dan KURN R150 adalah produk asli buatan INDONESIA dengan Patent No. 438333. Penangkal Petir ini menggunakan teknologi E.S.E ( Early Streamer Emission ) yang berfungsi mengantisipasi secara dini sambaran petir dengan aktif-reaktif sesuai E.S.E. dengan radius proteksi hingga 150 meter. Dilengkapi dengan connecting Sleve sebagai isolator sehingga membuat arus petir tidak menyambar tiang penangkal petir.

 

Tersedia dalam 2 tipe:
1. Kurn R85 berat 2.4 kg, radius proteksi maksimal 85 meter
2. Kurn R150 berat 2.7 kg, radius proteksi maksimal 150 meter, tergantung dari tinggi pemasangan

KURN yang di pasaran antara lain :

KURN R85 Box Hitam Rp. 5.500.000,-
KURN R85 Box Coklat RP. 4.500.000,-
KURN R150 Box Hitam  Rp 7.500.000,-
KURN R150 Box Coklat  Rp 5.500.000,-

(Harga di atas hanya acuan)

Dus warna coklat dan koper warna hitam. Keduanya berbeda harga lumayan jauh. Saya tanyakan ke Distributornya, katanya keduanya berbeda pabrikan meski mereknya sama. Ya mungkin tujuannya untuk menyediakan paket ekonomis.

Penangkal petir Kurn merupakan sebuah alat penangkal petir radius yang didesain untuk menciptakan medan ionisasi pada sekeliling area ( teknologi elektrostatis). Setiap pelepasan medan ionisasi ke awan akan mampu menimbulkan perbedaan potensial antara awan dan permukaan tanah, sehingga arus muatan pada tingkat yang paling rendah akan dapat mengalir secara terus menerus ke tanah melalui penghantar (down conductor dan grounding).

Pada aliran arus muatan yang tercipta secara terus-menerus memungkinkan berkurangnya kejadian sambaran petir. Kurn terminal mampu bekerja untuk menciptakan medan statik terhadap perbedaan muatan melalui Corona Effect yang keluar pada head terminal. Melalui pelepasan ion positif pada kurn terminal, mampu membentuk sudut perlindungan terhadap area yang cukup luas (hingga 150 meter).

Perbedaan potensial pada awan dan bumi dapat menghasilkan arus uatan yang cukup besar pada KURN terminal, sehingga pada saat tertentu akan terjadi daya tarik muatan terhadap muatan awan yang kemudian dikonsentrasikan pada titik sambaran Head Copper Terminal dan disalurkan melalui penghantar ke ground/bumi. Kurn Lightning Protection diciptakan atas dasar pengembangan Franklin Rod melalui riset yang panjang dan akurat.

Untuk air terminal dengan merek KURN memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Memiliki dua varian tipe, yaitu R.85 dan R.150.
  • Memiliki diameter sebesar 7,5 cm.
  • Untuk berat air terminal tidak lebih dari 2,7 Kg.
  • Pemasangan minimal 3 meter di atas level tertinggi.
  • Radius proteksi maksimal 85 meter untuk tipe R.85 dan 150 meter untuk tipe R.150.
  • Pabrik pembuat dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Keunggulan Penangkal Petir Kurn :
1. Sudah Teruji Di Lab LMK ( Lambang Mutu & Kesesuaian) PLN.
2. Terbuat Dari Bahan Yang Kokoh Dan Ringan
3. Memiliki Jangkauan Luas
4. Mempunyai Nilai Estetika Yang Rapi Dibanding Penangkal Petir Konvensional
5. Bisa Di Instalasi Yang Dengan Mudah
6. Kurn Mempunyai Harga Yang Terjangkau

POSISI PEMASANGAN

Untuk cara menyambung kabel BC atau NYY ke KURN caranya adalah dengan digencet. Pertama kabel dimasukkan ke dalam kurn, lalu digencet dengan menggunakan tang atau dipukul dengan palu. Silahkan lihat cara pemasangannya di video di bawah ini :

 

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Tiang Penyangga Penangkal Petir

Tiang penyangga Penangkal Petir atau Ujung Penangkal Petir perlu batang Penegak agar berposisi lebih tinggi dari sekitarnya bermanfaat memfokuskan (mengarahkan) sambaran petir kedalam satu titik tuju semakin tinggi tiang penyangga penangkal petir semakin besar radius cover yang diperoleh. Hal ini pada akhirnya akan mengurangi efek sambaran petir yang timbul. Terdapat beberapa jenis konstruksi yang bisa digunakan antara lain :

 

Tiang Mono Pole/ Tiang Tunggal PENANGKAL PETIR

Tiang PENANGKAL PETIR Tower Triangle / Fourangle

Tiang PENANGKAL PETIR Di Atas Bangunan / Gedung

 

1. TIANG MONO POLE / TIANG TUNGGAL PENANGKAL PETIR

 

 

Tiang Mono Pole atau Tiang Tunggal PENANGKAL PETIR bisa digunakan sebagai pilihan konstruksi tiang penyangga Penangkal Petir, bentuk dari Konstruksi ini sangat ideal untuk pengamanan daerah yang berkontur (berbukit) atau ber areal luas. Misal lapangan Golf, Areal Pertambangan, Perkebunan, Cluster dan Persawahan atau pula tempat yang membutuhkan penetrallan sambaran petir yakni.

 

2. TIANG PENANGKAL PETIR TRIANGLE

 

 

Tiang Penangkal Petir Triangle adalah Jenis menara yang dirancang ringan, lentur dan bongkar pasang (Knock down) dengan sifat konstruksi semi permanen dengan usia layak pakai dari menara ini relatif panjang, kisaran 10 tahun dan bisa lebih tergantung dari perawatannya. Kelebihan dari jenis menara triangle ini adalah murah dan cepat pemasangannya.

 

3. TIANG PENYANGGA DI ATAS BANGUNAN / GEDUNG

 

 

Setiap instalasi PENANGKAL PETIR selalu membutuhkan tiang penyangga minimal 3 meter dari level tertinggi bangunan, berfungsi menaikkan di tinggi ideal sebuah unit Terminal Penerima petir agar didapatkan posisi lapang dan terbuka agar mendapatkan radius perlindungan yang optimal.

 

Fungsi Tiang Penyangga PENANGKAL PETIR

 

Tiang / penyangga ini adalah batang penegak yang berfungsi sebagai media menempatkan dan menaikkan posisi head terminal PENANGKAL PETIR agar mendapatkan level yang tinggi, sedangkan level ketinggian penangkal petir sangat berarti untuk mendapatkan radius proteksi yang lebih besar. Semakin tinggi posisi maka secara otomatis kemampuan proteksi terhadap sambaran petir semakin besar, meskipun dari head terminal elektrostatik yang dipasang juga mempunyai spesifikasi radius proteksi perlindungan yang optimum.

 

Material yang dapat digunakan besi atau pun stailesteel bisa berbentuk  Pipa, Pipa Hexagon, atau kerangka batang. Sangat tergantung dari kebutuhan kontruksi dibangunan tersebut. Pemanfaatan ganda dari sebuah tiang penyangga PENANGKAL PETIR juga bisa dilakukan semisal juga digunakan sebagai Antena komunikasi, bisa juga asal mengikuti standart teknis pemasanga PENANGKAL PETIR.

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Cara Memasang Penangkal Petir Yang Benar

 

Cara memasang penangkal petir yang benar harus diketahui terutama oleh teknisi penangkal petir. Walaupun sebenarnya andapun sebaiknya juga mengetahuinya cara pasang penangkal petir jika anda termasuk yang berkepentingan dengan anti petir. Walaupun sebenarnya, Anda dapat menyerahkan cara pemasangan penangkal petir ini pada jasa profesional pemasangan penangkal petir bersertifikat yang akan menjamin cara kerja penangkal petir secara tepat. Tetapi, dengan anda mengetahui cara memasang penangkal petir yang benar, anda dapat ikut mengawasi jika ada hal-hal yang tidak tepat dan menyelamatkan aset-aset anda

Bagian-Bagian Penangkal Petir

Sebelum tahu cara memasang penangkal petir yang benar, Anda harus tahu bagian-bagian dari sistem penangkal petir terlebih dahulu. Ada 3 bagian utama dari sistem penangkal petir ini, yaitu:

  1. Grounding sistem sebagai penyalur arus petir ke dalam tanah
  2. Kabel penyalur
  3. Ujung penangkal petir

Pembuatan penangkal petir instalasi Grounding

Langkah pertama dalam cara memasang penangkal petir yang benar adalah membangun grounding system. Hal ini perlu dilakukan pertama karena berhubungan dengan faktor keamanan dan kemudahan dalam membuat sistem penangkal petir. Untuk membangun grounding yang baik anda membutuhkan alat earth testemeter yang digunakan untuk melihat berapa besar nilai tahanan tanahnya. Pilihlah tempat pembumian yang memungkinkan mengambil jarak terdekat dengan pemasangan penangkal petir di atas bangunan, jika memungkinkan. Beberapa tanah yang memiliki kandungan garam tinggi, atau kandungan air tinggi dan atau kandungan keasaman tinggi biasanya nilai tahanannya cenderung lebih rendah. Jika nilai tahanan tanahnya rendah maka kebutuhan terhadap batang Rod tembaga juga makin sedikit.

Setelah Anda menemukan lokasi tempat pembumian yang baik, tahap selanjutnya pada cara memasang penangkal petir yang benar ini adalah membuat instalasi penangkal petir bagian groundingnya. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah material grounding dari bahan Tembaga, Galvanise atau Stainless. Material tersebut ditancapkan ke dalam tanah pada lokasi penangkal petir instalasi grounding yang sudah dipilih. Selanjutnya ukur pula resistansi tanah dan hasilnya harus lebih kecil dari 5 Ohm. Bahkan jasa pemasangan penangkal petir professional seperti ANEKA ANTENA PETIR terbiasa dengan etos kerja berstandar tinggi, dan membuat instalasi grounding hanya memiliki tahanan di bawah 2 ohm saja. Jika standar yang diinginkan belum tercapai, anda harus menambahkan batang konduktor yang ditanam di dalam tanah secara parallel dan mengukur kembali nilai tahanan tanahnya hingga nilai yang diinginkan. Anda mungkin perlu melakukan pengeboran untuk menanam konduktor dari grounding system ini. Bahkan, Anda perlu mengebor hingga kedalaman 6 meter untuk membuat grounding yang baik hingga nilai standar pada cara memasang penangkal petir yang benar tercapai.

Kabel Down Conductor

Berikutnya adalah cara memasang penangkal petir yang benar untuk bagian pemasangan kabel konduktor. Anda dapat menggunakan kabel coaxial atau kabel BC (Bare Cooper)Langkah pertama adalah mendesain jalur dari kabel. Anda dapat memulainya dari grounding hingga ke ujung penangkal petir. Pastikan, dalam jalur kabel, tidak ada atau hanya sedikit jalur yang membentuk sudut dan usahakan kurang dari 90 derajat. Hal ini untuk menghindari terjadinya Side Flashing atau lompatan muatan listrik pada bangunan dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada bangunan.

Selain cara memasang penangkal petir yang benar juga pemilihan perangkat penangkal petir maupun kabelnya juga harus tepat sehingga cara kerja alat penangkal petir dapat maksimal. Gunakan kabel dengan ukuran minimal 50 mm dan sudah mendapatkan SNI.

Ujung Penangkal Petir (head terminal atau spitzen)

Cara memasang penangkal petir yang benar selanjutnya adalah pemasangan ujung penangkal petir. Pilih posisi yang paling tinggi pada bangunan untuk hasil yang paling baik. Pada instalasi penangkal petir konvensional, teknisi sebaiknya dapat memperkirakan dimana letak sambaran petir untuk menentukan posisi spitzen yang berbentuk seperti tombak itu. Setelah itu, sambungkan dengan kabel penghantar. Pastikan, sambungan dengan kabel ini kuat dan dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Banyak masalah terjadi karena penyambungan antara kabel dan ujung penangkal yang tidak sesuai dengan cara memasang penangkal petir yang benar. Hal ini dapat merusak penangkal petir itu sendiri, serta membahayakan bangunan atau rumah yang dipasang penangkal petir ini.

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Surge Arester adalah

Sepenting apakah INTERNAL PROTECTION , Dengan Pemasangan surge arrester ?

Sangat Penting ! Sebab masih ada kemungkinan terjadi bencana kerusakan peralatan elektronik di bangunan akibat sambaran petir yang sifatnya tidak langsung ,

Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi diantaranya :

  1. Sambaran Tembus.
  2. Sambaran Rambatan.
  3. Induksi Elektromagnetik.

Sambaran Tembus

Petir ! Kenapa disebut seperti ini – Begitu besar Tegangan yang ditimbulkan dengan hasil loncatan bunga api dari langit ke bumi.

Sehingga acap kali terjadi di sebuah penghantar petir yang sudah berisolasi baguspun akan lolos tembus – tegangan petir mirip percikan api busi motor akan mengalir di permukaan isolasi kabel .

Istilah umumnya Side Flashing , perihal yang merugikan adalah sambaran tembus ini mengenai kabel penghantar listrik , tentu akan menimbulkan gangguan tegangan listrik.

Sambaran Rambatan Petir

Besar kemungkinan perihal ini terjadi , sebuah Sambaran petir mengenai obyek lain di sekitar bangunan kemudian merambat dari bagian logam satu ke bagian logam yang lain, dan akhirnya mengenai obyek vital bangunan.

Kami memiliki pengalaman kerusakan berat di konsumen kami akibat peristiwa Sambaran Rambatan , bahwa petir bisa meloncat loncat dari obyek logam di bangunan dengan jarak relatif berdekatan.

Peristiwanya seperti ini , Sebuah sambaran petir mengenai pohon mangga tetangga sebelah , dari batang pohon ini petir meloncat mengenai talang air rumah sebelah , dari sinilah petir lari kemana mana , Masuk ke dalam jaringan listrik rumah tetangga , Juga masih juga meloncat di talang air User kami , alhasil dua rumah bersebelahan terkena dampak kerusakan berat.

Tentu yang paling parah adalah rumah yang terdekat – kerusakan hampir diseluruh perangkat elektronik yang terhubung di listrik , baik yang ON / aktif ataupun OF . Sedangkan di Rumah User kami hanya di pesawat televisi yang sedang ON , sedang elektronik yang lain tidak sampai rusak.

Sambaran Elektromagnetik

Pada saat sebuah sambaran petir mencapai obyek di permukaan bumi maka sambaran ini tidak hanya melepaskan seluruh energi listrik yang terkandung di awan. efek lain dari sambaran ini adalah gangguan Elektromagnetik. Berupa efek gelombang elektromagnetik yang sangat besar sehingga untuk obyek logam yang dekat di titik sambaran akan besar kemungkinan akan bermuatan listrik .

Bisakah anda bayangkan bila kabel instalasi listrik berada di sekitar posisi Penangkal Petir , Akan sangat berbahaya bukan.

Sejauh apa titik aman nya ? Minimal 2 mtr . Lalu untuk  Struktur logam bangunan bagai mana ? besi tulangan beton dan kerangka atap kadang sangat sulit untuk di hindari , Pemasangan ground di struktur logam bangunan akan banyak mengurang efek induksi elektromagnetik ini.

Karena Sifat dari sambaran petir adalah memiliki tegangan yang sangat besar bila berhasil memasuki sebuah jaringan listrik maka akan membentuk tegangan gangguan / Noise yang bila di lihat dari osiloskop maka akan terlihat tegangan gangguan membentuk paku yang sangat besar amplitudunya

Istilah lain dari Surge adalah Tegangan listrik berbentuk paku yang bersifat merusak peralatan elektronik. Kerusakan bisa timbul karena lonjakan tegangan akan melebihi batas ambang kerja dari perangkat.

Tegangan SURGE / Paku bisa Terjadi karena 2 hal

Tegangan Surge bisa terjadi karena berbagai sebab diantaranya :

  • Putus sambung dari sebuak kontaktor yang berulang atau kerja kontaktor untuk daya besar di sebuah jaringan listrik .
  • Kontaminasi tegangan dari sebuah sambaran petir yang masuk di sistem pengkabelan bangunan, sebagamana yang kita infokan sebelum ini.

Surge Arrester

Merupakan peralatan yang di buat menyerupai kapasitor difungsikan untuk memotong dari tegangan Surge / Paku dan melepaskan tegangan lebih ke grounding.

Prinsip Kerja Arrester

Mengamankan jaringan kelistrikan dan data dari bahaya sengatan petir tanpa harus memutus jaringan sesaatpun .

Disaat ada tegangan petir yang masuk ke sebuah jaringan kabel Surge Arrester Petir akan membuang tegangan lebih akibat petir ke saluran pembuangan / grounding.

Struktur Surge Arrester

Struktur material dari Arrester terdiri dari dua buah lempeng logam yang didekatkan dengan atau tanpa material elektrikum . Untuk lempeng pertana di hubungkan ke jalur kabel yang di amankan dan lempeng kedua ke grounding tempat pelepasan tengangan lebihnya.

Jenis Surge Arrester

Berbagai jenis Surge Arrester yang biasa digunakan untuk mengamankan keperluan perangkat elektronik , diantaranya

Dari rancangan material Arrester pada dasarnya sama menjadikan kegunaan berbeda di karenakan perbedaan jenis material selanya ( elektrikum ) , Dimensi dan mutu dan kwalitas dari material katodanya.

Untuk kebutuhan arrester daya rendah semisal arrester Level 3 material katoda terbuat dari Kertas Tembaga dan akan jauh berbeda untuk arrester Level 1 , material katoda berupa Karbon Steel tahan karat . Sedang material elektrikumnya untuk Level 1  udara saja.
Material Metal Oxide Varistor / MOV acapkali dimanfaatkan untuk kebutuhan arrester menengah sampai kecil karena sifatnya yang semi isolator.

Dengan perbedaan material katoda dan elektrikum di sebuah arrester akan membuat karakteristik komponen beragam .

Kebutuhan arrester listrik membutuhkan setidaknya 2 tahap pengamanan . Level 1 dengan kategori mampu memindahkan energi yang besar ke ground dan Level 2 dengan kategori menengah.

 

Cara Kerja Arrester

Saat terjadi lonjakan tegangan di sebuah jaringan kabel maka pada sisi kutup Anoda Arrester akan melepaskan lonjakan tegangan ke arah Katoda ( terhubung ke grounding ).

Ambang batas dari seberapa besar tegangan mulai meloncat sangat tergantung dari 1. jarak kerenggangan kedua kutub anoda 2. jenis material di sela selanya.

Semakin panjang kerenggangan dari katoda makan semakin besar ambang tegangan buang nya dan begitu juga sebaliknya.

Material sela / elektrikum juga mempengaruhi , material yang seringkali di gunakan , Udara bebas , Metal Oxide varistor , keramik . Ke tiga material ini berkarakter berbeda

Simulasi Cara Kerja Arrester

 

Diagram Pemasangan Surge Arrester

Dari dua macam diagram pemasangan di samping disesuaikan dengan kondisi dilapangan.

Untuk pelanggan Listrik PLN Prabayar diagram Pertama ( atas ) tidak bisa di gunakan , sebab meter PLN akan merespon Error bila ada tambahan grounding di kabel Neutral.

Diagran Pemasangan Arrester

Cara Pemasangan Surge Arrester

Pertama yang harus disiapkan adalah Tempat pelepasan tegangan lebih – Grounding, dengan nilai resistansi harus kurang dari 5 ohm.

Letakkan Arrester setelah Meter Listrik , bisa diletakkan didalam panel pembagi atau utama . Terdapat dua cara sistem pengamanan :

  1. Pengamanan Jalur Tunggal – merupakan teknik pengamanan satu kutub Phasa saja ( + )
  2. Pengamanan Jalur Ganda – Jenis pengamanan dua buah jalur kabel Phasa atau Neutral

Hubungkan secara Paralel Arrester dari kutub Phase – Ground dan Kutub Neutral – Ground

Bila sistem grounding di jaringan listrik sudah ada akan sangat menguntungkan, Sebab tiang perangkat elektronik rata rata sudah dilengkapi pengaman tegangan yang kerjanya membutuhkan grounding juga.

 

Bisakah Arrester di gantikan dengan Sekring

Sangat tidak mungkin bila fungsi pengamanan tegangan Surge digantikan dengan Sekring , sebab sekring hanya membatas kerja arus listrik bukan di besarnya tegangan listrik – Bila arus yang melewati melebihi ambang akan memutus sekring sekaligus memutuskan jaringan kabel .

Gambaran sederhana seperti ini

Bila ada muatan petir yang masuk ke jaringan kabel kelistrikan bangunan maka akan terjadi trib / putus jaringan . Kondisi ini tidak di inginkan sebab walau terjadi putus jaringan karena sifat listrik yang sampai tegangan dahulu baru arus nya , Maka kebanyakan Jebol dulu baru Trib.

Sedangkan Fungsi utama Surge Arrester adalah mengamankan jaringan listrik dari tegangan lonjakan berbentuk paku yang masuk di jaringan kabel tanpa memutus walau sesaatpun.

Sedang sifat merusak dari bahaya petir ditimbulkan karena sifat lonjakan tegangan yang besar melebihi batas ambang dari kerja perangkat elektronik yang terpasang.

 

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Harga Pasang Penangkal Petir

KAMI MENYEDIAKAN PAKET SEBAGAI BERIKUT :

1. Pasang Penangkal Petir Konvensional (3AIP)    

    A. Harga, Rp 2.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 2 Unit Split ( Tombak ) Atas "KERUCUT"
  • 1 Unit Split ( Tombak ) Bawah "AS GROUNDING"
  • 15 Meter Kabel BC-25
  • Grounding System (Pembumian) Max,8 Meter
  • 3 Batang Pipa PVC 1/2'  
  • Free Instalasi
  • Bergaransi

2. Pasang Penangkal Petir Konvensional (4AIP)      

 B. Harga , Rp 3.000.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 3 Unit Split ( Tombak ) Atas "KERUCUT"
  • 1 Unit Split ( Tombak ) Bawah "AS GROUNDING"
  • 15 Meter Kabel BC-25
  • Grounding System (Pembumian) Max,8 Meter
  • 4 Batang Pipa PVC 1/2'  
  • Free Instalasi
  • Bergaransi

3. Pasang Penangkal Petir Elektrostatis ( RADIUS)

A. Type R – 150, Rp 6.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 1 Unit Head Terminal Radius 150 Meter "KURN"
  • Connecting Sleeve
  • Bergaransi 

B. Type R – 85, Rp 4.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 1 Unit Head Terminal Radius 85 Meter "KURN"
  • Connecting Sleeve
  • Bergaransi 
Customer Service . 07'00 Wib s/d 20'00 Wib
HARI MINGGU / LIBUR TETAP BUKA
Melayani Pemasangan,
  • Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi
  • Tambun – Cibitung – Cikarang – Karawang
  • Cibubur – Cikeas – Ciulengsi – Jonggol
  • Cimanggis – Depok – Sawangan – Parung – Citayam
  • Bogor – Cibitung – Ciuterup – Sentul – Ciawi – Puncak
  • Cikokol – Cipondoh – Karawaci – Binong – Serpong
  • Bitung – Jatiuwung – Cikupa – Balaraja
  • Serang – Cilegon – Merak

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Bahaya Akibat Sambaran Petir

Sambaran Petir Langsung Melalui Bangunan

Sambaran petir yang langsung mengenai struktur bangunan rumah, kantor dan gedung, tentu saja hal ini sangat membahayakan bangunan tersebut beserta seluruh isinya karena dapat menimbulkan kebakaran, kerusakan perangkat elektrik/elektronik atau bahkan korban jiwa. Maka dari itu setiap bangunan di wajibkan memasang instalasi penangkal petir. Cara penanganannya adalah dengan cara memasang terminal penerima sambaran petir serta instalasi pendukung lainnya yang sesuai dengan standart yang telah di tentukan. Terlebih lagi jika sambaran petir langsung mengenai manusia, maka dapat berakibat luka atau cacat bahkan dapat menimbulkan kematian. Banyak sekali peristiwa sambaran petir langsung yang mengenai manusia dan biasanya terjadi di areal terbuka.

Sambaran Petir Melalui Jaringan Listrik

Bahaya sambaran ini sering terjadi, petir menyambar dan mengenai  sesuatu di luar area bangunan tetapi berdampak pada jaringan listrik di dalam bangunan tersebut, hal ini karena sistem jaringan distribusi listrik/PLN memakai kabel udara terbuka dan letaknya sangat tinggi, bilamana ada petir yang menyambar pada kabel terbuka ini maka arus petir akan tersalurkan ke pemakai langsung. Cara penanganannya adalah dengan cara memasang perangkat arrester sebagai pengaman tegangan lebih (over voltage). Instalasi surge arrester listrik ini dipasang harus dilengkapi dengan grounding system

Sambaran Petir Melalui Jaringan Telekomunikasi

Bahaya sambaran petir jenis ini hampir serupa dengan yang ke-2 akan tetapi berdampak pada perangkat telekomunikasi, misalnya telepon dan PABX. Penanganannya dengan cara pemasangan arrester khusus untuk jaringan PABX yang di hubungkan dengan grounding. Bila bangunan yang akan di lindungi mempunyai jaringan internet yang koneksinya melalui jaringan telepon maka alat ini juga dapat melindungi jaringan internet tersebut.
Pengamanan terhadap suatu bangunan atau objek dari sambaran petir pada prinsipnya adalah sebagai penyedia sarana untuk menghantarkan arus petir yang mengarah ke bangunan yang akan kita lindungi tanpa melalui struktur bangunan yang bukan merupakan bagian dari sistem proteksi petir atau instalasi penangkal petir, tentunya harus sesuai dengan standart pemasangan instalasinya.

Ada 2 jenis kerusakan yang di sebabkan sambaran petir, yaitu :

  • Kerusakan Thermis, kerusakan yang menyebabkan timbulnya kebakaran.
  • Kerusakan Mekanis, kerusakan yang menyebabkan struktur bangunan retak, rusaknya peralatan elektronik bahkan menyebabkan kematian.

Penangkal petir  adalah terminal petir unggulan jenis elektrostatik yang di desain khusus untuk daerah tropis mampu memberikan solusi petir terbaik khususnya di Indonesia. Selain sudah melewati uji laboratorium PLN dan laboratorium tegangan tinggi di lembaga terkait, penangkal petir ( KURN, GENT, THOMAS )  juga telah di uji langsung di lapangan yang rawan akan sambaran petir.

 

Customer Service . 07'00 Wib s/d 20'00 Wib
HARI MINGGU / LIBUR TETAP BUKA
Melayani Pemasangan,
  • Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi
  • Tambun – Cibitung – Cikarang – Karawang
  • Cibubur – Cikeas – Ciulengsi – Jonggol
  • Cimanggis – Depok – Sawangan – Parung – Citayam
  • Bogor – Cibitung – Ciuterup – Sentul – Ciawi – Puncak
  • Cikokol – Cipondoh – Karawaci – Binong – Serpong
  • Bitung – Jatiuwung – Cikupa – Balaraja
  • Serang – Cilegon – Merak

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Harga Pasang Penangkal Petir

KAMI MENYEDIAKAN PAKET SEBAGAI BERIKUT :

1. Pasang Penangkal Petir Konvensional (3AIP)    

    Harga Paket, Rp 2.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 2 Unit Split ( Tombak ) Atas "KERUCUT"
  • 1 Unit Split ( Tombak ) Bawah "AS GROUNDING"
  • 15 Meter Kabel BC-25
  • Grounding System (Pembumian) Max,8 Meter
  • 3 Batang Pipa PVC 1/2'  
  • Free Instalasi
  • Bergaransi

2. Pasang Penangkal Petir Konvensional (4AIP)      

 Harga Paket, Rp 3.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 3 Unit Split ( Tombak ) Atas "KERUCUT"
  • 1 Unit Split ( Tombak ) Bawah "AS GROUNDING"
  • 20 Meter Kabel BC-25
  • Grounding System (Pembumian) Max,8 Meter
  • 4 Batang Pipa PVC 1/2'  
  • Free Instalasi
  • Bergaransi

 

3. Pasang Penangkal Petir Elektrostatis ( RADIUS)

Harga Paket,Rp 9.300.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 1 Unit Head Terminal Radius 150 Meter "KURN"
  • Connecting Sleeve
  • Copper Rod
  • Grounding System (Pembumian) Max,12 Meter
  • Tiang Penyangga Galvanize 2 Meter
  • 4 Batang Pipa PVC 1/2'  
  • Accessories
  • Free Tes Grounding
  • Free Instalasi
  • Bergaransi

   

Customer Service . 07'00 Wib s/d 20'00 Wib
HARI MINGGU / LIBUR TETAP BUKA
Melayani Pemasangan,
  • Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi
  • Tambun – Cibitung – Cikarang – Karawang
  • Cibubur – Cikeas – Ciulengsi – Jonggol
  • Cimanggis – Depok – Sawangan – Parung – Citayam
  • Bogor – Cibitung – Ciuterup – Sentul – Ciawi – Puncak
  • Cikokol – Cipondoh – Karawaci – Binong – Serpong
  • Bitung – Jatiuwung – Cikupa – Balaraja
  • Serang – Cilegon – Merak

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Pasang Penangkal Petir radius

3. Penangkal Petir Elektrostatis ( RADIUS)

A. Type R – 150 Rp 7.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 1 Unit Head Terminal Radius 150 Meter "KURN"
  • Connecting Sleeve
  • Bergaransi

 

B. Type R – 85 Rp 5.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 1 Unit Head Terminal Radius 85 Meter "KURN"
  • Connecting Sleeve
  • Bergaransi

    

 

Customer Service . 07'00 Wib s/d 20'00 Wib
HARI MINGGU / LIBUR TETAP BUKA
Melayani Pemasangan,
  • Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi
  • Tambun – Cibitung – Cikarang – Karawang
  • Cibubur – Cikeas – Ciulengsi – Jonggol
  • Cimanggis – Depok – Sawangan – Parung – Citayam
  • Bogor – Cibitung – Ciuterup – Sentul – Ciawi – Puncak
  • Cikokol – Cipondoh – Karawaci – Binong – Serpong
  • Bitung – Jatiuwung – Cikupa – Balaraja
  • Serang – Cilegon – Merak

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Pasang Penangkal Petir Konvensional 3 Tombak

2. Paket Konvensional 3 Tombak (4AIP) Rp 3.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 3 Unit Split ( Tombak ) Atas "KERUCUT"
  • 1 Unit Split ( Tombak ) Bawah "AS GROUNDING"
  • 20 Meter Kabel BC-25
  • Grounding System (Pembumian) Max,8 Meter
  • 4 Batang Pipa PVC 1/2'  
  • Free Instalasi
  • Bergaransi

 

 

 

Customer Service . 07'00 Wib s/d 20'00 Wib
HARI MINGGU / LIBUR TETAP BUKA
Melayani Pemasangan,
  • Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi
  • Tambun – Cibitung – Cikarang – Karawang
  • Cibubur – Cikeas – Ciulengsi – Jonggol
  • Cimanggis – Depok – Sawangan – Parung – Citayam
  • Bogor – Cibitung – Ciuterup – Sentul – Ciawi – Puncak
  • Cikokol – Cipondoh – Karawaci – Binong – Serpong
  • Bitung – Jatiuwung – Cikupa – Balaraja
  • Serang – Cilegon – Merak

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Pasang Penangkal Petir Konvensional 2 Tombak

1. Paket 2 Tombak (3AIP) Rp 2.500.000,-
( dari harga paket tsb anda sudah mendapatkan ) 

  • 2 Unit Split ( Tombak ) Atas "KERUCUT"
  • 1 Unit Split ( Tombak ) Bawah "AS GROUNDING"
  • 15 Meter Kabel BC-25
  • Grounding System (Pembumian) Max,8 Meter
  • 3 Batang Pipa PVC 1/2'  
  • Free Instalasi
  • Bergaransi

   

 

Customer Service . 07'00 Wib s/d 20'00 Wib
HARI MINGGU / LIBUR TETAP BUKA
Melayani Pemasangan,
  • Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi
  • Tambun – Cibitung – Cikarang – Karawang
  • Cibubur – Cikeas – Ciulengsi – Jonggol
  • Cimanggis – Depok – Sawangan – Parung – Citayam
  • Bogor – Cibitung – Ciuterup – Sentul – Ciawi – Puncak
  • Cikokol – Cipondoh – Karawaci – Binong – Serpong
  • Bitung – Jatiuwung – Cikupa – Balaraja
  • Serang – Cilegon – Merak

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Powered by WordPress | Designed by: diet | Thanks to lasik, online colleges and seo